20 Ribu KKSS di Balikpapan

20 Ribu KKSS di Balikpapan

Menikmati tumpeng bersama Ketua KKSS Adam Sinte,  pengusaha Arifin Rauf setelah jalan sehat.

JALAN sehat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Balikpapan  sukses luar biasa. Hampir 20 ribu peserta mengikuti acara tersebut yang berlangsung di halaman parkir Mall Fantasi, Balikpapan Baru, Minggu (18/12). Kebetulan cuaca teduh sepanjang acara, jadi semua peserta bertahan sampai semua hadiah habis dibagikan.

Hadiahnya sendiri sangat banyak. Ada 650-an lebih. Mulai hadiah hiburan, hadiah sembako beras dan minyak, kipas angin, kulkas dan tv, sepeda lipat sampai hadiah utama sepeda motor dan umrah. Di antaranya datang dari Ketua BPW KKSS Kaltim H Alimuddin Latief, Irjen Pol (purn) Safaruddin, anggota DPR RI yang juga ketua DPD PDIP Kaltim, Ketua KKSS Balikpapan Adam Sinte, pengusaha Abdul Hakim Rauf, Ketua Yayasan STT Migas Lauhil  Mahfudz, dan Andi M Yusri Ramli serta H Ahmad Basir (HAB), owner perusahaan perjalanan haji/umrah PT Wahyu Abadi Utama, yang juga ketua Nasdem Balikpapan.

“Saya tak mengira membeludak sebanyak ini,” kata Adam Sinte didampingi ketua panitia, Salahuddin (Unding). Bahkan sejumlah tokoh hadir. Ada Kajari Balikpapan Ardiansyah SH,  yang juga penasihat KKSS bersama sejumlah  wakil Forkompimda. “Pak Wali kebetulan membawa tamu APEKSI ke IKN,” kata Adam.

 Tapi hadir juga Ketua Harian KKSS Kaltim Dr Ridwan Tassa bersama sekretaris Ir H Syamsuddin Patiroy. Ada anggota DPRD Balikpapan  Ali Munsyir Halim, Rendi S Ismail,  Faisal Tola, Budi Setyoaji, H Karmin Laonggeng, dan H Jamal Noor, pengusaha Arifin Rauf, sekretaris KKSS Balikpapan Andi Ahmad Yani,  Hapni Kanafe, Andi Poli, Makkulau  serta Camat Balikpapan Selatan Heruresandy Setia Kesuma.

Ribuan peserta jalan sehat HUT ke-46 KKSS di halaman parkir Mall Fantasi Balikpapan.

Pengusaha Arifin Rauf juga ikut jalan sehat. Dia bercerita kepada saya tentang peluang usaha dengan kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN). “Saya jual 20 ribu kapling tanah di PPU,” katanya. Murah dan diskon besar. Kepada KKSS Balikpapan, dia  memberikan dua kapling tanah gratis. “Nanti kita undi pada acara pelantikan pengurus,” kata Adam, yang juga anggota DPRD Kaltim dari Partai Hanura.

Sepanjang perjalanan saya dan Arifin sering diajak foto selfie dengan sejumlah peserta. Senang juga bisa membahagiakan mereka, meski hanya foto-foto. “Tanda mereka mencintai dan menyukai silaturahmi,” katanya. Cucu saya, Kylo, yang berdarah Bugis juga ikut bersama neneknya.

Sesuai temanya, “KKSS Bersatu untuk Negeri,” ya pesertanya tidak saja warga KKSS, tapi beragam komunitas dan suku. Tema itu ditetapkan pengurus pusat KKSS dalam rangka merayakan dan memeriahkan HUT ke-46 KKSS, yang jatuh pada 12 November. Maknanya, merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah perantau Bugis Makassar di tanah rantau dalam menghadapi berbagai tantangan  untuk bersatu membangun negeri demi kemajuan bangsa.

Pemenang umrah gratis PT Wahyu Abadi, Ibu Nurlela dari Batakan bersama tim H Ahmad Basir (HAB).

Menurut Ketua Umum DPP KKSS Muchlis Patahna, KKSS didirikan pada 12 November 1976 di Jakarta. “KKSS diiniasi oleh 26 pendiri, mereka orang yang dituakan dan sebagian sudah tiada. Di antaranya Andi Sose, Baharuddin Lopa, Jusuf Malombassang, dan Manai Sophiaan, ayahanda aktor  Sophan Sophiaan. Tersisa Asrul Azis Taba dari 26 pendiri,” tambahnya.

“Alhamdulillah, saya orang Jawa happy bisa ikut,” kata Mas Budi. Termasuk saya orang Banjar, asyik juga berteman orang Sulsel.  Bisa makan barongko dan songkolo atau sokko. Kebetulan saya pernah KKN di Pinrang tahun 1980-an, jadi sudah akrab dengan makanan seperti itu.

Aslinya sokko dari Sidrap atau Sidenreng Rappang. Ada sokko begadang dan sokko bolong. Ada yang menggunakan ketan putih atau ketan hitam. Tapi sajiannya tetap sama. Ada ikan asin atau  ikan kuah santan dan plus semacam rendang daging atau ayam.

Kemarin, saya diajak Adam makan songkolo  ketan hitam. Kebetulan istrinya, Hj Ani Adam meresmikan kegiatan usahanya menjadi perwakilan perusahaan perjalanan haji dan umrah, Travel DAP, Tour & Travel Jakarta. “Yuk umrah bareng dengan HCoB,” kata Ani, yang juga ketua Hijabers Community of Balikpapan.

Adam menjanjikan kegiatan jalan sehat akan sering diadakan oleh KKSS Balikpapan. Karena efektif membina silaturahmi dan mengajak masyarakat berolahraga. “Setiap Minggu pagi kami melaksanakan senam sehat di kompleks pertokoan Balikpapan Baru. Siapa saja boleh bergabung,” tambahnya.

Beberapa peserta mengaku senang sekali bisa ikut jalan sehat KKSS. “Selain berolahraga dan silaturahmi, juga hadiahnya banyak dan menarik,” kata mereka.

Acara jalan sehat ditandai juga dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua KKSS Adam Sinte. Ada juga disajikan barongko dan bolu peca. Bikin saya bersemangat. Pokoknya serba enak dan sehat. Dirgahayu KKSS, Selamat ultah ke-46. Salam 5P (Sipakatuo, Sipatokkong, Sipakkatau, Sipakalebbi, dan Siparingngerang.(*)

Ketua KKSS Balikpapan Adam Sinte, Kajari Ardiansyah SH bersama para tokoh lainnya.